do`a

Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain Bagi Kehidupan

Dalam kehidupan manusia, tentu tak semuanya akan berjalan mulus tanpa hambatan, dan masalah. Banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya hal tersebut dalam kehidupan Anda.

Salah satunya justru berasal dari gesekan antara sesama manusia, yaitu akibat dari kesalahan yang diperbuat oleh seseorang kepada diri Anda, baik teman, kerabat, keluarga, bahkan pasangan Anda sekalipun.

Hal tersebut tentunya akan membuat diri Anda berada dalam tekanan dan tingkat emosi yang tinggi, dan keadaan tersebut juga akan memberikan pengaruh buruk bagi kehidupan Anda.

Ketika keadaan tersebut sudah terjadi dalam kehidupan Anda, satu-satunya cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan memaafkan kesalahan orang lain tersebut.
Psikolog umumnya mendefinisikan memaafkan sebagai tindakan sadar, keputusan yang disengaja untuk menghilangkan perasaan dendam atau tidak melakukan tindakan balas dendam terhadap seseorang atau kelompok yang telah melukai Anda, terlepas dari apakah mereka benar-benar layak dimaafkan atau tidak.
Para ahli yang mempelajari atau mengajarkan pentingnya memaafkan mengemukakan bahwa ketika kita memaafkan, kita tidak mengabaikan atau menyangkal keseriusan pelanggaran yang dilakukan orang lain.
Pengampunan tidak berarti melupakan, juga tidak berarti permisif terhadap pelanggaran. Meskipun pengampunan dapat membantu memperbaiki hubungan yang rusak, itu tidak mewajibkan kita harus sejalan dengan orang yang menyakiti.
Tindakan memaafkan membawa kedamaian pikiran dan membebaskan kita dari kemarahan korosif. Meskipun ada beberapa perdebatan tentang apakah pengampunan sejati membutuhkan perasaan positif terhadap pelaku, para ahli setuju bahwa orang yang mendapat maaf atau pengampunan dapat mengurangi perasaan negatif yang dialaminya.
Dengan cara ini, seseorang yang memaafkan dapat mengendalikan rasa sakit yang ia alami dan memungkinkannya menyembuhkan diri dan melanjutkan hidup dengan lebih ringan.
Manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari memaafkan kesalahan orang lain? Berikut jawabannya dari Tung Desem Waringin, seperti dilansir dari laman Laruno.
Memaafkan adalah Tindakan yang sangat penting dalam pernikahan
Pasangan yang lebih pemaaf dan tidak pendendam lebih baik dalam menyelesaikan konflik secara efektif dalam pernikahan mereka. Sebuah studi jangka panjang yang dilakukan pada pengantin baru menemukan bahwa pasangan yang lebih pemaaf memiliki hubungan pernikahan yang lebih kuat dan memuaskan.
Namun, ketika pasangan yang lebih pemaaf mengalami kekerasan dari suami atau istri, mereka pasti kurang bahagia dalam pernikahan, akan tetapi tindakan pemaaf ini biasanya menjadi penyelamat keutuhan pernikahan.
Memaafkan dapat meningkatkan kesehatan
Ketika kita memikirkan dendam, tekanan darah dan denyut jantung akan meningkat. Ini menandakan bahwa stres sedang melanda. Ketika kita mengampuni, tingkat stress akan turun. Penelitian juga menunjukkan bahwa menyimpan dendam mungkin membahayakan sistem kekebalan tubuh kita, membuat kita lebih tahan terhadap penyakit.
 
Tindakan memafkan dapat meningkatkan kebaikan dan keterhubungan
Orang yang pemaaf tidak hanya merasa lebih positif terhadap seseorang yang menyakiti mereka. Mereka juga lebih mengutamakan kedamaian dan menghargai hubungan, ketimbang mempermasalahkan hal sepele dan menuntut kesempurnaan dari orang lain.
Memaafkan dapat membantu menyembuhkan luka batin
Tindakan memafkan mampu mengurangi depresi, membuat orang lebih bersyukur, lebih puas dengan kehidupan, dan lebih mudah menjalin hubungan dengan orang lain.
Tindakan memaafkan membuat kita lebih bahagia
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bahagia lebih cenderung untuk memaafkan. Dan sejalan dengan ini, orang yang mampu memaafkan cenderung lebih bahagia, terutama ketika mereka memaafkan seseorang yang dekat dengan mereka.
 
Tindakan memaafkan dapat mempertahankan hubungan
Ketika orang lain melukai atau mengecewakan kita, rasa dendam dapat membuat kita menahan kebaikan, menghindar, dan enggan bekerja sama dengan mereka. Seringkali, hal ini memperparah keadaan dan merusak kepercayaan dan komitmen. Penelitian menunjukan bahwa memaafkan dapat menghentikan kekacauan dan memperbaiki hubungan.
Ini adalah beberapa manfaat yang Anda dapat peroleh, jika Anda mampu memaafkan kesalahan orang lain. Jadi, mulailah terapkan hal tersebut dalam kehidupan Anda dan raih banyak manfaatnya segera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *